PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

3 August 2011

"My Melankolis"

Secara umum ada empat tipe kepribadian manusia, diantaranya Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis, walaupun dimungkinkan juga terjadi percampuran beberapa kepribadian dalam diri seseorang. Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, saya termasuk dominan tipe kepribadian Melankolis.

Kelebihan tipe ini secara emosi adalah perasaannya yang halus, sensitive, dan dalam. Analitis, serius, tekun, dan idealis. Kreatif, berbakat, memiliki daya seni tinggi, dan menyukai keindahan. Di dalam pekerjaan, tipe Melankolis adalah orang yang perfeksionis, beroientasi pada tugas dan tujuan, tertib dan terorganisir. Tipe ini juga sangat hemat dan ekonomis. Dalam perannya sebagai teman, tipe ini setia, mudah terharu, dan mudah kasihan. Berhati-hati dalam berteman, tidak suka menonjolkan diri, dan merupakan pendengar yang baik.

Tapi tipe pribadi Melankolis juga memiliki kekurangan, diantaranya kadang menekan perasaan orang lain. Jika memiliki masalah, maka tipe ini kerap down dan terlihat murung kerena sikapnya yang pesimistis, dan bersifat tertutup dengan masalah yang dimiliki. Pribadi Melankolis juga terlalu pendiam dan kadang mudah depresi.

Dari beberapa uraian dia atas, dapat disimpulkan tipe kepribadian Melankolis merupakan pribadi yang cerdas karena dia selalu memikirkan langkah apa yang akan dambil dalam memecahkan masalah. Akan tetapi pribadi Melankolis ini terlalu lama dalam mengambil keputusan karena dia selalu memikirkannya matang-matang agar dia mendapatkan segala sesuatunya itu sempurna. Perasaannya sensitif, jika dia disakiti dia tidak akan mudah melupakannya. Akan tetapi tipe ini merupakan seorang teman yang setia, tidak suka menghianati teman. Dan juga dia ini ibarat orang yang suka bekerja di balik layar, tidak terlalu ingin dirinya menjadi pusat perhatian.

Dan dalam menghadapi tipe-tipe kepribadian Melankolis, ketahuilah bahwa mereka sangat sensitif perasaannya dan mudah sakit hati. Berilah mereka motivasi disaat mereka kurang optimis. Mereka perlu bantuan agar tidak mudah tertekan. Berusahalah untuk selalu menepati janji sesuai jadwal dengannya (sebab tipe orang Melankolis selalu ingin tepat waktu).

Secara pribadi, saya termasuk dominan tipe orang Melankolis, walaupun tidak semua ciri diatas ada dalam diri saya. Karena saya orangnya selalu menginginkan kesempurnaan, terutama dalam hal menyelesaikan pekerjaan, dan cenderung hemat. Yang jadi kebiasaan buruk saya yaitu ketika mendapat masalah, saya sering tidak mood, tidak terbuka pada orang lain, terlalu pendiam. Itulah saya sebagai seorang tipe Melankolis.



No comments:

Post a Comment

About Me

Let's enjoy the magnificence of your life
free counters

Total Pageviews

Copyright© 2015 Magnificence of Life - Designed by Seo Blogger Templates